Entri Populer

Minggu, 25 Desember 2011

Bahasa Arab


BAB I 
اَلتَّعَارُفُ
Perkenalan

Pernahkah mendengar kata Taaruf?
Tentu kita pernah mendengar kata itu. Taaruf adalah bentuk
Mashdar (kata kerja yang dibendakan) yang berakar
dari Fiil (kata kerja): عَرَفَ – يَعْرِف  yang artinya tahu atau kenal.
jika suatu fiil mengikuti wazan (pola) تفاعل maka
diantara pengertian fiil tersebut mengandung pengertian saling.
Taaruf artinya saling kenal atau perkenalan
Sebagai peserta didik baru di SMA, yang pertama kita lakukan adalah berkenalan. Saling berkenalan antar peserta didik baru,
kakak kelas, dewan guru dan lingkungan sekolah.
Di dars pertama ini kita akan belajar berkenalan dengan
menggunkan bahasa Arab. Mudah sekali.
Lazimnya berkenalan, mufrodat (kosa kata) yang harus kita kuasai adalah kata-kata yang berkaitan dengan perkenalan itu sendiri.
Seperti kata-kata tanya, nama, kata ganti, alamat,
keterangan tempat, asal  sekolah, dan ungkapan selamat datang.
Di dars ini kita akan memahami wacana lisan dalam
bentuk paparan atau hiwar (dialog) sederhana tentangtema Ta'aruf atau perkenalan.
Dalam tarkibnya (tata bahasa) kita akan mengenal hal yang paling dasar dari bahasa Arab.
Seperti pengertian Kalimat, Kata dan jenisnya, dan Preposisi.
Selamat belajar.

يَسَّرَكُمُ اللهُ

أ. اَلْمُحَادَثَةُ
A. Percakapan


يَقْرَأُ الْمُدَرِّسُ الْجُمَلَ الآتِيَةَ وَالتَّلاَمِيْذُ يَسْتَمِعُوْنَهَا جَيِّدًا وَيَتَّبِعُوْنَهَا
Guru membaca kalimat-kalimat berikut dan para siswa mendengarkan dengan baik dan mengikutinya

Ahmad dan Aisyah adalah siswa baru di sebuah SMA Negeri. Di hari-hari pertama menjadi siswa baru, mereka berkenalan dengan kakak kelasnya, Fahmi dan Laila, terjadilah percakapan diantara mereka dan saling mengemukakan identitas diri.



1.
فَهْمِي
:
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ

اَحْمَدُ
:
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ

فَهْمِي
:
هَلْ اَنْتَ تِلْمِيْذٌ جَدِيْدٌ؟

اَحْمَدُ
:
نَعَمْ, اَنَا تِلْمِيْذٌ جَدِيْدٌ, وَهَلْ اَنْتَ تِلْمِيْذٌ جَدِيْدٌ اَيْضًا؟

فَهْمِيي
:
لاَ, اَنَا تِلْمِيْذٌ فِي الصَّفِّ الحَادِي عَشَرَ
مَبْرُوكٌ عَلَى َنَجَاحِكَ يَا اَخِيْ   
اَهْلاً وَسَهْلاً

اَحْمَدُ
:
اَهْلاً بِكَ. شُكْرًا

فَهْمِي
:
عَفْوًا






2.
لَيْلَى
:
هَلْ اَنْتِ تِلْمِيْذَةٌ جَدِيْدَةٌ؟

عَائِشَةٌ
:
نَعَمْ, اَنَا تِلْمِيْذَةٌ جَدِيْدَةٌ, وَهَلْ اَنْتِ تِلْمِيْذَةٌ جَدِيْدَةٌ اَيْضًا؟

لَيْلَى
:
لاَ, اَنَا تِلْمِيْذَةٌ فِي الصَّفِّ الحَادِي عَشَرَ
مَبْرُوْكٌ عَلَى َنَجَاحِكِ يَا اُخْتِيْ
اَهْلاً وَسَهْلاً

عَائِشَةٌ
:
اَهْلاً بِكِ, شُكْرًا كَثِيْرًا

لَيْلَى
:
عَفْوًا




3.
فَهْمِي
:
مَا اسْمُكَ يَا اَخِي؟

اَحْمَدُ
:
اِسْمِي اَحْمَدُ, وَمَا اسْمُكَ؟

فَهْمِي
:
اِسْمِي فَهْمِي. فِي اَيِّ الْمَدْرَسَةِ تَخَرَّجْتَ؟

اَحْمَدُ
:
تَخَرَّجْتُ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الْحُكُومِيَّةِ الأُوْلَى

فَهْمِي
:
وَمَا عُنْوَانُكَ؟

اَحْمَدُ
:
عُنْوَانِي فِي شَارِعِ سُوْدِرْمَانْ سُكَابُوْمِي




4.
لَيْلَى
:
مَا اسْمُكِ يَا اُخْتِيْ؟

عَائِشَةٌ

اِسْمِي عَائِشَةُ, وَمَا اسْمُكِ؟

لَيْلَى
:
اِسْمِي لَيْلَى. فِي اَيِّ الْمَدْرَسَةِ تَخَرَّجْتِ؟

عَائِشَةٌ
:
تَخَرَّجْتُ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الأِسْلاَمِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ

لَيْلَى
:
وَمَا عُنْوَانُكِ؟

عَائِشَةٌ
:
عُنْوَانِي فِي قَرْيَةِ سُوْكَارَجَا
5.
لَيْلَى
:
يَا فَهْمِيْ, مَنْ هُوَ؟

فَهْمِي

هُوَ تِلْمِيْذٌ جَدِيْدٌ

لَيْلَى
:
مَا اسْمُهُ؟

فَهْمِي
:
اِسْمُهُ اَحْمَدُ, وَمَنْ هِيَ يَا لَيْلَى؟

لَيْلَى
:
هِيَ تِلْمِيْذَةٌ جَدِيْدَةٌ اَيْضًا

فَهْمِي
:
مَا اسْمُهَا؟

لَيْلَى
:
اِسْمُهَا عَائِشَةُ

فَهْمِي

يَسُرُّنِي التَّعَارُفُ بِكِ

عَائِشَةُ
:
يَسُرُّنِي التَّعَارُفُ بِكَ




6.
فَهْمِي
:
هَلْ هَذَا صَدِيْقُكَ يَا اَحْمَدُ

اَحْمَدُ
:
نَعَمْ هَذَا صَدِيْقِيْ, اِسْمُهُ مُحْسِنٌ

فَهْمِي
:
هَلْ اَنْتُمَا مِنَ الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الْحُكُومِيَّةِ الأُوْلَى اَيْضًا

اَحْمَدُ
:
نَعَمْ نَحْنُ مِنَ الْمَدْرَسَةِ الْوَاحِدَةِ

لَيْلَى
:
وَ هَلْ هَذِهِ صَدِيْقَتُكِ يَا عَائِشَةُ؟

عَائِشَةُ
:
نَعَمْ هَذِهِ صَدِيْقَتِيْ, اِسْمُهَا زَيْنَبُ

لَيْلَى
:
هَلْ اَنْتُمَا مِنَ الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الأِسْلاَمِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ اَيْضًا

عَائِشَةُ
:
نَعَمْ نَحْنُ مِنَ الْمَدْرَسَةِ الْوَاحِدَةِ

فَهْمِي
:
عَظِيْمٌ! اَنْتُمْ تَلَامِيْذٌ جَدِيْدُوْنَ فِي هَذِهِ الْمَدْرَسَةِ
مَبْرُوْكٌ عَلَى َنَجَاحِكُمْ, اَهْلاً وَسَهْلاً

اَحْمَدُ
:
اَهْلاً بِكُمْ
تَمْرِيْنُ الْمُحَادَثَةِ
Latihan Percakapan

اَجِبْ عَنِ الْاَسْئِلَةِ الْآتِيَةِ بِاخْتِيَارِ "ص" اِنْ كَانَتِ الْجُمْلَةُ صَحِيْحَةً اَوْ "خ" اِنْ كَانَتْ خَطِيْئَةً
Jawablah bertanyaan berikut dengan memilih (ص) jika kalimat benar dan (خ) jika  kalimat salah


(ص – خ)
فَهْمِي تِلْمِيْذٌ جَدِيْدٌ
1.
(ص – خ)
اَحْمَدُ تِلْمِيْذٌ فِي الصَّفِّ الحَادِي عَشَرَ
2.
(ص – خ)
عَائِشَةُ تِلْمِيْذَةٌ جَدِيْدَة
3.
(ص – خ)
لَيْلَى تِلْمِيْذَةٌ فِي الصَّفِّ الحَادِي عَشَرَ
4.
(ص – خ)
تَخَرَّجَ اَحْمَدُ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الْحُكُومِيَّةِ الأُوْلَى
5.
(ص – خ)
وَ تَخَرَّجَتْ عَائِشَةُ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الأِسْلاَمِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ
6.
(ص – خ)
عُنْوَانُ فَهْمِي فِي شَارِعِ سُوْدِرْمَانْ سُكَابُوْمِي
7.
(ص – خ)
عُنْوَانُ اَحْمَدَ فِي قَرْيَةِ سُوْكَارَجَا
8.
(ص – خ)
مُحْسِنٌ صَدِيْق اَحْمَدَ, تَخَرَّجَ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الْحُكُومِيَّةِ الأُوْلَى
9.
(ص – خ)
نَعَمْ هَذِهِ صَدِيْقَتِيْ, اِسْمُهَا زَيْنَبُ
10.
(ص – خ)
هَلْ اَنْتُمَا مِنَ الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الأِسْلاَمِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ اَيْضًا



اَجِبْ عَنِ الْاَسْئِلَةِ الآتِيَةِ وَفْقًا بِنَصِّ الْمُحَادَثَةِ
Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan teks muhadasah

1.
مَنْ يَجْلِسُ فِي الصَّفِّ الحَادِي عَشَرَ؟
2.
هَلْ فَهْمِي تِلْمِيْذٌ جَدِيْدٌ؟
3.
فِي اَيِّ الْمَدْرَسَةِ تَخَرَّجَ اَحْمَدُ؟
4.
هَلْ عُنْوَانُ اَحْمَدَ فِي قَرْيَةِ سُوْكَارَجَا؟
5.
مَااسْمُ صَدِيْقِ اَحْمَدَ؟
6.
فِي اَيِّ الصَّفِّ تَجْلِسُ لَيْلَى؟
7.
مَااسْمُ التِلْمِيْذَةِ الْجَدِيْدَةِ؟
8.
فِي اَيِّ الْمَدْرَسَةِ تَخَرَّجَتْ عَائِشَةُ
9.
هَلْ زَيْنَبُ صَدِيْقَةُ لَيْلَى
10.
هَلْ زَيْنَبُ تَخَرَّجَتْ فِي الْمَدْرَسَةِ فَاسُونْدَانْ الْمُتَوَسِّطَةِ؟

تَرْجِمْ اِلَى اللُّغَةِ الأِنْدُونِسِيَّةِ
Terjemahkan ke bahasa Indonesia


1.
اَنَا تِلْمِيْذٌ جَدِيْدٌ وَاَنْتَ تِلْمِيْذٌ جَدِيْدٌ اَيْضًا
2.
اَنَا تِلْمِيْذَةٌ جَدِيْدَةٌ وَاَنْتِ تِلْمِيْذَةٌ جَدِيْدَةٌ اَيْضًا
3.
اَحْمَدُ تِلْمِيْذٌ جَدِيْدٌ, هُوَ تَخَرَّجَ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الْحُكُومِيَّةِ الأُوْلَى
4.
عَائِشَةُ تِلْمِيْذَةٌ جَدِيْدَةٌ, هِيَ تَخَرَّجَتْ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الأِسْلاَمِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ
5.
عُنْوَاني فِي شَارِعِ سُوْدِرْمَانْ وعُنْوَانُكَ فِي قَرْيَةِ سُوْكَارَجَا سُكَابُوْمِي


ب. اَلْمُفْرَدَاتُ الْجَدِيْدَةُ
B. Kosa Kata Baru


Kata Ganti   (ضَمِيْر)
اَنَا

Saya

اَنْتِ

Kamu (pr)
نَحْنُ

Kami

هُوَ

Dia (lk)
اَنْتَ

Kamu (lk)

هِيَ

Dia (pr)
Kata Ganti Kepunyaan   (ضمير مُتَّصِل مَجْرُور)
اِسْمِي

Namaku

اِسْمُكِ

Namamu (pr)
اِسْمُنَا

Nama kami

اِسْمُهُ

Namanya (lk)
اِسْمُكَ

Namamu (lk)

اِسْمُهَا

Namanya (pr)
Kata Tunjuk   (اِسْمُ الاِشَارَة)
هَذَا

Ini (lk)

تِلْكَ

Itu (pr)
هَذِهِ

Ini (pr)

هُنَا

Disini
ذَلِكَ

Itu (lk)

هُنَاكَ

Disana
Kata-kata dalam Perkenalan  (اَلْكَلِماتُ فِي التَّعَارُف) 
مَا اسْمُكَ
Siapa namamu

بِخَيْرٍ
Baik
اِسْمِي
Namaku

اَهْلاً وَسَهْلاً
Selamat datang
مَا عُنْوَانُكَ
Dimana alamatmu

اَهْلاً بِكَ
(jawabannya)
كَيْفَ حَالُكَ
Bagaimana keadaanmu



شُكْرًا


Terima kasih




(اَلْكَلِماتُ الَّتِي تَتَعَلّقُ بِالْمَدْرَسِيَّة)
Kata yang berhubungan dengan sekolah
اَلْمَدْرَسَةُ الاِبْتِدَائِيَّةُ

SD

فَصْلٌ

Kelas (ruang)
اَلْمَدْرَسَةُ الاِبْتِدَائِيَّةُ

MI

صَفٌّ/صِنْفٌ

Kelas (tingkat)
الاِسْلاَمِيَّةُ


مَكْتَبَةٌ

Perpustakaan
اَلْمَدْرَسَةُ الْمُتَوَسِّطَةُ

SMP

مَعْمَلٌ

Labolatorium
اَلْمَدْرَسَةُ الْمُتَوَسِّطَةُ

MTs

قَاعَةٌ

Aula
الاِسْلاَمِيَّةُ


اُسْتَاذٌ

Guru
اَلْمَدْرَسَةُ الثَّانَوِيَّةُ

SMA

مُعَلِّمٌ

Guru
اَلْمَدْرَسَةُ الثَّانَوِيَّةُ

MA

مُدَرِّسٌ

Guru
الاِسْلاَمِيَّةُ


تِلْمِيْذٌ

Siswa
اَلْحُكُوْمِيَّةُ

Negeri

طَالِبٌ

Siswa
مَدْرَسَةٌ

Sekolah

صَدِيْقٌ

Kawan
Kata Kerja  (كَلِمَةُ الْفِعْل)  
اَرَادَ - يُرِيْدُ       
Ingin

تَخَرَّجَ
Lulus
يَسُرُّنِي
Saya senang

تَخَرَّجْتُ  فِي
Saya lulus

Kata Tanya  (اَدَوَاتُ الْاِسْتِفْهَام) 
مَا
Apa

كَيْفَ
Bagaimana
مَنْ
Siapa

اَيٌّ
apa/mana
اَيْنَ
Mana

نَعَمْ
Ya
هَلْ
Apakah

لَا
Tidak
Ungkapan  (عبارة) 
اَهْلاً وَسَهْلاً
Selamat datang

اَهْلاً بِكَ
(jawabannya)
مَبْرُوكٌ
Selamat

شُكْرًا
Terimakasih
اَيْضًا
Juga






نَطِّقِ الْجُمَلَ الأِنْدُونِيسِيَّةِ الْمُقْتَصِدَةِ اِلَى اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ بِاسْتِخْدَامِ الْمُفْرَدَاتِ
Ungkapkan kalimat berbahasa Indonesia sederhana berikut ke bahasaArab dengan menggunakan kosa kata di atas!



1.      Nama saya Syamsuddin,  saya seorang siswa baru
2.      Saya lulus dari MTs Baiturrahman
3.      Alamatku di kampung Sukajadi
4.      Dan ini kawanku, namanya Mahmud, dia lulus dari MTs Negeri
5.      Alamatnya di jalan Pasundan


***

6.      Nama saya Luthfiah, saya seorang siswa baru
7.      Saya lulus dari SMP Negeri I Bogor
8.      Alamatku di jalan Pakuan
9.      Dan ini kawanku, namanya Lilis, dia lulus dari SMP Annuur
10.  Alamatnya di kampung Sukajati



تَحَاوَرِ الْمُحَادَثَةَ الْعَرَبِّيةَ التَّالِيَةَ بِدَلِيْلِ التَّرْجَمَةِ الْاِنْدُوْنِيْسِيَّةِ بَيْنَكُمْ
Lakuanlah percakapan berbahasa Arab berikut dengan panduan terjemahan Indonesia di antara kalian


Siswa 1
:
Assalamu alaikum

Siswa 2
:
Waalaikum salam

Siswa 1
:
Saya siswa baru. Namaku Hadi. Apakah kamu siswa baru juga?

Siswa 2
:
Ya, saya juga siswa baru

Siswa 1
:
Siapa namamu?

Siswa 2
:
Namaku Hamid

Siswa 1
:
Dimana alamatmu?

Siswa 2
:
Alamatku di jalan Diponegoro.
Dan kamu, dimana alamatmu?

Siswa 1
:
Aku lulus dari SMP Pasundan. Dari sekolah mana kamu lulus?





Siswi 1
:
Assalamu alaikum

Siswi 2
:
Waalaikum salam

Siswi 1
:
Selamat datang, apakah kamu siswi baru?

Siswi 2
:
Selamat kembali. Ya, saya siswi baru

Siswi 1
:
Siapa namamu?

Siswi 2
:
Namaku Muna

Siswi 1
:
Namaku Hani. Aku duduk di kelas XI. Dari sekolah mana kamu lulus?

Siswi 2
:
Aku lulus dari MTs Al Islam Sukabumi

Siswi 1
:
Selamat atas keberhasilanmu

Siswi 2
:
Terimakasih

Siswi 1
:
Dimana rumahmu?

Siswi 2
:
Rumahku di jalan Sadewa. Dan kamu, dimana alamatmu?

Siswi 1
:
Alamatku di jalan Maluku

Siswi 2
:
Sampai jumpa

ج. اَلْقِرَاءَةُ
C. Bacaan


اِقْرَأِ القِرَائَةَ التَّالِيَةَ
Bacalah bacaan berikut




اَلتَّعَارُفُ
اَحْمَدُ تِلْمِيْذٌ جَدِيْدٌ, تَخَرَّجَ اَحْمَدُ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الْحُكُوْمِيَّةِ الاُوْلَى
وَمُحْسِنٌ تِلْمِيْذٌ جَدِيْدٌ اَيْضًا, تَخَرَّجَ مُحْسِنٌ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الْحُكُوْمِيَّةِ الاُوْلَى
هُمَا تِلْمِيْذَانِ مَاهِرَانِ

عَائِشَةُ تِلْمِيْذَةٌ جَدِيْدَةٌ, تَخَرَّجَتْ عَائِشَةُ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الْاِسْلَامِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ
وَزَيْنَبُ تِلْمِيْذَةٌ جَدِيْدَةٌ اَيْضًا, تَخَرَّجَتْ زَيْنَبُ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الْاِسْلَامِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ اَيْضًا
هُمَا تِلْمِيْذَتَانِ مَاهِرَتَانِ

اَحْمَدُ وَمُحْسِنٌ وَاَصْدِقَائُهُمَا تَلاَمِيْذٌ جُدُوْدٌ.
هُمْ مَقْبُوْلُوْنَ فِي الْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ الثَّالِثَةِ بَعْدَ اِشْتِرَاكِهِمْ فِي اِمْتِحَانِ الْقُبُوْلِ
هُمْ نَجَحُوْا فِيْهَا وَفَرِحُوْا بِهَذاَ النَّجَاحِ.

عَائِشَةُ وَزَيْنَبُ وَاَصْدِقَائُهُمَا تِلْمِيْذَاتٌ جَدِيْدَاتٌ
هُنَّ مَقْبُوْلَاتٌ فِي الْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ الثَّالِثَةِ بَعْدَ اِشْتِرَاكِهِنَّ فِي اِمْتِحَانِ الْقُبُوْلِ.
هُنَّ نَجَحْنَ فِيْهَا وَفَرِحْنَ بِهَذَا النَّجَاحِ.

تَعَارَفَ اَحْمَدُ وَاَصْدِقَائُهُ الْجَدِيْدَةُ فِي اَوَائِلِ الْاَيَّامِ بَعْدَ مَقْبُوْلِهِمْ فِي الْمَدْرَسَةِ الْجَدِيْدَةِ. تَسَائَلَ التَّلَامِيْذُ عَنِ الاَسْمَاءِ وَالْعُنْوَانِ وَرَقْمِ الْهَاتِفِ الْيَدَوِيِّ (اَلْمَحْمُوْلِ)

سَكَنَ اَحْمَدُ فِي شَارِعِ سُوْدِرْمَانْ. بَيْتُهُ قَرِيْبٌ مِنَ الْمَدْرَسَةِ.
سَكَنَتْ عائشةفي قَرْيَةِ سُوكَارَجَا, بَيْتُهَا بَعِيْدٌ مِنَ الْمَدْرَسَةِ.

هُمْ يَفْرَحُوْنَ الْيَوْمَ وَيَتَبَسَّمُوْنَ وَيَضْحَكُوْنَ. وُجُوْهُهُمْ مَسْرُوْرُوْنَ كَالْاَزْهَارِ الْمُتَفَتَّحَةِ. اَحْمَدُ وَاَصْدِقَائُهُ شَبَابٌ, اَلشَّبَابَةُ مِنْ اَجْمَلِ اَوْقَاتِ الْحَيَاةِ. اَلشَّبَابُ فِي كُلِّ شَعْبٍ وَزَمَانٍ عِمَادُ حَيَاتِهَا وَمَوْضِعُ رَجَائِهَا وَنُوْرِ مُسْتَقْبِيْلِهَا 




اُكْتُبِ الاَجْوِبَةَ عَنِ اَسْئِلَةِ الْقِرَائَةِ وَفْقًا بِالنَّصِ
Tulislah Jawaban dari pertanyaan bacaan sesuai dengan teks


مَنْ اَحْمَدُ؟
1.

___________________________________________________


فِيْ اَيِّ الْمَدْرَسَةِ تَخَرَّجَ اَحْمَدُ؟
2.

___________________________________________________


مَنْ مُحْسِنٌ؟
3.

___________________________________________________


فِيْ اَيِّ الْمَدْرَسَةِ تَخَرَّجَ مُحْسِنٌ ؟
4.

___________________________________________________


اَيْنَ سَكَنَ اَحْمَدُ؟
5.

___________________________________________________


هَلْ بَيْتُهُ قَرِيْبٌ مِنَ الْمَدْرَسَةِ؟
6.

___________________________________________________


هَلْ اَحْمَدُ وَمُحْسِنٌ تِلْمِيْذَانِ مَاهِرَانِ؟
7.

___________________________________________________


فِيْ اَيِّ الْمَدْرَسَةِ تَخَرَّجَتْ عَائِشَةُ؟
8.

___________________________________________________


مَاذَا فَعَلَ اَحْمَدُ وَاَصْدِقَائُهُ فِي اَوَائِلِ الْاَيَّامِ بِالْمَدْرَسَةِ الْجَدِيْدَةِ؟
9.

___________________________________________________

___________________________________________________


كَأَيِّ شَيْئٍ وُجُوْهُهُمْ؟
10.

___________________________________________________



تَرْجِمْ اِلَى اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ وَاكْتُبْهَا فِيْ مَكَانٍ مُسْتَعِدَّةٍ
Terjemahkan kalimat berikut ke dalam bahasa Arab dan tulis pada tempat yang disediakan!

1.      Mereka diterima di SMA Negeri 3 setelah keikutsertaan mereka dalam ujian penerimaan

_____________________________________________________________________

2.      Mereka hari itu bahagia, tersenyum dan tertawa

_____________________________________________________________________

3.      Para pemuda di setiap bangsa dan waktu adalah tiang kehidupan, tumpuan harapan, dan cahaya masa depannya

_____________________________________________________________________

د. اَلتَّرْكِيْبُ
D. Tata Bahasa



1.

Kalimat adalah rangkaian kata yang memberi pengertian. Kalimat dalam bahasa Arab disebut Kalam (كَلاَمٌ) atau Jumlah Mufidah (جُمْلَة مفيدةٌ).
2.
Unsur Kalam terdiri dari kata-kata. Kata dalam bahasa Arab disebut Kalimah (كَلِمَةٌ). Kalimah ada tiga macam. Yaitu: Isim, Fiil dan Haraf
3.
Kalimah Isim (كلمة الاسم) sepadan dengan Kata Benda. Disingkat dengan Isim (الاسم) saja.
4.
Kalimah Fiil (كلمة الفعل) sepadan dengan Kata Kerja. Disingkat dengan Fiil (الفعل) saja. Kata kerja selalu disertai keterangan waktu yang tiga: sudah, sedang dan akan.
5.
Kalimah Harf (كلمة الحرف), disingkat dengan Harf (الحرف), yaitu yang bukan kata kerja bukan pula kata benda. Dalam bahasa Indonesia seperti kata: di, ke, dengan, kemudian, maka, ketika, dan, seperti, dan lain-lain.
Perhatikan tabel perbandingannya!




Bahasa Indonesia
اللغة العربية

English
Kalimat
كَلاَمٌ/جُمْلَةٌ مُفِيْدَةٌ
Sentence
Kata
كَلِمَةٌ
Word
Kata Benda
اِسْمٌ
Noun
Kata Kerja
فِعْلٌ
Verb
Harf
(bukan Kata Kerja/Benda)
حَرْفٌ

6.
Kalam atau Jumlah Mufidah harus memberi pengertian lengkap, minimal terdiri dari dua kata  sebagai Mubtada dan Khabar, atau sebagai Fiil dan Fail
7.
Dalam bahasa Arab dikenal dua pola jumlah. Yaitu,
1.
Jumlah Ismiyah (Kalimat Nominal) terdiri dari Mubtada (subjek) dan Khabar (predikat)
2.
Jumlah Fi'liyah (kalimat verbal) terdiri dari Kata Kerja ( فعل: fiil) dan Pelaku ( فاعل: fail)
8.
Khabar harus serasi dengan Mubtada dalam dua hal:

1.
Mudzakar (laki-laki) dan Muannats (perempuan)

2.
Mufrod (tunggal), Tasniyah (dual), dan Jama
9.
Fail harus serasi dengan Fiil hanya dalam Mudzakar dan Muannatsnya

Perhatikan Tabel berikut


جُمْلَةٌ اِسْمِيَّةٌ


جُمْلَةٌ فِعْلِيَّةٌ
مُبْتَدَء
(Subjek)
خَبَر
(Predikat)
فِعْلٌ
(Kata Kerja)
فَاعِلٌ
(Pelaku)
اَحْمَدُ
تِلْمِيْذٌ
دَخَلَ
اَحْمَدُ
اَحْمَدُ وَحُسْنِي
تِلْمِيْذَانِ

دَخَلَ
اَحْمَدُ وَحُسْنِي
اَحْمَدُ وَحُسْنِي وَحَسَنٌ
تَلَامِيْذُ

دَخَلَ
اَحْمَدُ وَحُسْنِي وَحَسَنٌ
عَائِشَةُ
تِلْمِيْذَةٌ

دَخَلَتْ
عَائِشَةُ
عَائِشَةُ وَزَيْنَبُ
تِلْمِيْذَتَانِ

دَخَلَتْ
عَائِشَةُ وَزَيْنَبُ
عَائِشَةُ وَزَيْنَبُ وَسَلْمَى
تِلْمِيْذَاتٌ

دَخَلَتْ
عَائِشَةُ وَزَيْنَبُ وَسَلْمَى


Amati dengan teliti kolom Khabar, ia harus serasi dengan Mubtada dalam:
·         Mudzakar (laki-laki) dan Muannats (perempuan)
·         Mufrod (tunggal), Tasniyah (dual), dan Jamak
Sedangkan dalam kolom Fa’il, ia menyerasikan dengan Fiil hanya dalam Mudzakar (laki-laki) dan Muannats (perempuan)
10.
Kata Ganti (ضمير) dalam bahasa Arab sangat rinci. Perhatikan dengan seksama!


مُتَكَلِّمٌ
(Orang Pertama)
مُخَاطَبٌ
(Orang Kedua)
غَائِبٌ
(Orang Ketiga)
Saya
اَنَا
Kamu (lk) seorang
اَنْتَ
Dia (lk) seorang
هُوَ
Kami
نَحْنُ
Kalian (lk) berdua
اَنْتُمَا
Mereka (lk) berdua
هُمَا
Kalian (lk) banyak
اَنْتُمْ
Mereka (lk) banyak
هُمْ
Kamu (pr) seorang
اَنْتِ
Dia (pr) seorang
هِيَ
Kalian (pr)
berdua
اَنْتُمَا
Mereka (pr) berdua
هُمَا
Kalian (pr) banyak
اَنْتُنَّ
Mereka (pr) banyak
هُنَّ

Dhamir di atas khusus ketika menempati posisi Mubtada atau subjek.

Contoh:

Ahmad seorang siswa, dia siswa pandai

اَحْمَدُ تِلْمِيْذٌ, هُوَ تِلْمِيْذٌ مَاهِرٌ

Aisyah seorang siswi, dia siswi pandai

عَائِشَةُ تِلْمِيْذَةٌ, هِيَ تِلْمِيْذَةٌ مَاهِرَةٌ

Saya anak soleh insya allah
اَنَا وَلَدٌ صَالِحٌ اِنْشَاءَ اللهُ

Semua dhomir tadi menempati posisi mubtada atau subjek. Jika dhomir tersebut menjadi objek atau memiliki pengertian pemilik, maka bentuk dhomir itu akan mengalami perubahan sebagaimana yang akan dibahas nanti


اَجِبِ الْاَسْئِلاَتِ الْآتِيَةَ عَنِ التَّرْكِيْبِ
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut tentang Tata Bahasa

1.      Apa itu Kalam atau Jumlah Mufidah?
2.      Sebutkan  tiga unsur Kalam!
3.      Ada dua pola Jumlah dalam bahasa Arab. Sebutkan satu per satu!
4.      Kalam minimal terdiri dari dua jabatan kata. Sebutkan!
5.      Apa itu Mubtada?
6.      Apa itu Khabar?
7.      Apa itu Fiil?
8.      Apa itu Fa’il?
9.      Apa yang dimaksud dengan Jumlah Ismiyah?
10.  Apa yang dimaksud dengan Jumlah Fi'liyah?
11.  Apa perbedaan dasar Jumlah Ismiyah dan Jumlah Fi'liyah?
12.  Sebutkan Dhamir Mutakallim?
13.  Sebutkan Dhamir Mukhatab?
14.  Sebutkan Dhamir Ghaib?
15.  Apa yang dimaksud Mufrod?
16.  Apa yang dimaksud Tasniyah?
17.  Apa yang dimaksud Jamak?
18.  Apa yang dimaksud Mudzakar?
19.  Apa yang dimaksud Muannats?
20.  Dalam hal apa saja diharuskan adanya keselarasan dalam Jumlah Ismiyah?

تَطَابَقِ الْكَلِمَاتِ التَّالِيَةَ بِحَيْثُ اَنْ تَكُوْنَ خَبَرًا صَحِيْحًا
Pasangkan kata-kata berikut menjadi Khabar (predikat)  yang sesuai


طَلاَّبٌ
طَالِبَتَانِ
طَالِبَاتٌ
طَالِبٌ
طَالِبَانِ
طَالِبَةٌ



 




خَبَرٌ
مُبْتَدَاءٌ

1.  زَكِيٌّ
2.  زَكِيٌّ وَحَمْدَانُ
3.  زَكِيٌّ وَحَمْدَانُ وَفَيْصَلُ
4.  زَكِيَّةٌ
5.  زَكِيَّةٌ وَفَاطِمَةُ
6.  زَكِيَّةٌ وَفَاطِمَةُ وَعَائِشَةُ

تَطَابِقِ الْكَلِمَاتِ فِي الْعَمُوْدِ الْأَيْمَنِ بِحَيْثُ يُصْبِحَ فِعْلًا لِفَاعِلٍ وَمَعْلُوْمَاتٍ عَنْ يَسَارِهِ
Pasangkan kata-kata dalam kolom sebelah kanan sehingga menjadi Fiil untuk Fail dan keterangan di sebelah kirinya  

فَاعِلٌ

فِعْلٌ


اَحْمَدُ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الْحُكُومِيَّةِ الأُوْلَى
عَائِشَةُ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الْاِسْلَامِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ
اَحْمَدُ وَمُحْسِنٌ فِي اِمْتِحَانِ الْقُبُوْلِ
عَائِشَةُ وَزَيْنَبُ فِي اِمْتِحَانِ الْقُبُوْلِ
التَلَامِيْذُ الْجَدِيْدُوْنَ بِمَقْبُوْلِهِمْ فِي الْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْجَدِيْدَةِ
التِّلْمِيْذَاتُ الْجَدِيْدَاتُ بِمَقْبُوْلِهِنَّ فِي الْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْجَدِيْدَةِ
اَحْمَدُ فِي وَجْهِهِ بِهَذَا النَّجَاحِ
عَائِشَةُ فِي وَجْهِهَا بِهَذَا النَّجَاحِ
فَهْمِي وَاَصْدِقَائُهُ مِنَ التَّلَامِيْذِ الْجَدِيْديْنَ


















 





اِشْتَرَكَ
تَخَرَّجَ
تَخَرَّجَتْ
فَرِحَتِ
تَبَسَّمَتْ
فَرِحَ
اِشْتَرَكَتْ
تَعَارَفَ
تَبَسَّمَ


اِمْلَأِ الْفِرَاغَ بِالضَّمَائِرِ الْمُنَاسِبَةِ
Isi yang kosong dengan kata ganti yang sesuai

1.
اَلتَّلَامِيْذُ الْجُدُوْدُ يَتَعَارَفُوْنَ فِي اَوَائِلِ الْاَيَّامِ فِي الْمَدْرَسَةِ الْجَدِيْدَةِ
..... نَجَحُوا فِي الاِمْتِحَانِ الْقُبُوْلِ
2.
تَخَرَّجَ اَحْمَدَ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الْحُكُومِيَّةِ الأُوْلَى
...... تِلْمِيْذٌ مَاهِرٌ
3.
زَكِيَّةٌ وَفَاطِمَةُ وَنِسَاءُ يَتَعَلَّمْنَ فِي صَفٍّ وَاحِدٍ
...... تِلْمِيْذَاتٌ مُجْتَهِدَاتٌ
4.
زَكِيٌّ وَحَمْدَانُ وَفَيْصَلُ يُحِبُّوْنَ اللُّغَةَ الْعَرَبِيَّةِ
...... يُرِيْدُوْنَ اَنْ يَكُوْنُوْا عُلَمَاءَ فِي الْمُسْتَقْبَلِ
5.
زَكِيَّةٌ وَفَاطِمَةُ تَقْرَئَانِ الْقُرْآنَ بَعْدَ صَلاَةِ الْمَغْرِبِ
...... تِلْمِيْذَتَانِ صَالِحَتَانِ





نَطِّقْ قَطْعَ الْكَلِمَاتِ التَّالِيَةِ بِحَيْثُ الْجُمْلَةِ كَمَا فِي الْمِثاَلِ اَدْنَاهَا
Ucapkan potongan kata berikut sehingga menjadi kalimat seperti contoh di bawah ini

أ.
اَنَا – تِلْمِيْذٌ – اِسْمٌ - اَحْمَدُ
اَنَا تِلْمِيْذٌ اِسْمِيْ اَحْمَدُ

اَنَا - لَيْلَى
اَنَا تِلْمِيْذَةٌ اِسْمِيْ لَيْلَى

1.
اَنَا – طَالِبٌ – اِسْمٌ - حَسَنٌ

؟

اَنَا – نُوْرُ حَسَنَة

؟
2.
اَنَا – اُسْتَاذٌ - اِسْمٌ - زَكِيٌّ

؟

اَنَا - سَلْمَى

؟
3.
اَنَا - طَبِيْبٌ - اِسْمٌ - عُمَرُ

؟

اَنَا - زَيْنَبُ

؟
4.
اَنَا – مُتَعَلِّمٌ - اِسْمٌ – نَابِل

؟

اَنَا - نَابِلَى

؟
5.
اَنَا – مُدَرِّسٌ - اِسْمٌ - حَمْدَانُ

؟

اَنَا - حَمِيْدَةُ

؟

ب.
اَنْتَ – تِلْمِيْذٌ – اِسْمٌ - اَحْمَدُ
اَنْتَ تِلْمِيْذٌ اِسْمُكَ اَحْمَدُ

اَنْتِ - لَيْلَى
اَنْتَ تِلْمِيْذَةٌ اِسْمُكِ لَيْلَى

1.
اَنْتَ – طَالِبٌ – اِسْمٌ - حَسَنٌ

؟

اَنْتِ - نُوْرُ حَسَنَة

؟
2.
اَنْتَ – اُسْتَاذٌ - اِسْمٌ - زَكِيٌّ

؟

اَنْتِ – سَلْمَى

؟
3.
اَنْتَ - طَبِيْبٌ - اِسْمٌ - عُمَرُ

؟

اَنْتِ - زَيْنَبُ

؟
4.
اَنْتَ – مُتَعَلِّمٌ - اِسْمٌ – نَابِل

؟

اَنْتِ - نَابِلَى

؟
5.
اَنْتَ – مُدَرِّسٌ - اِسْمٌ - حَمْدَانُ

؟

اَنْتِ - حَمِيْدَةُ

؟

ج.
هُوَ – تِلْمِيْذٌ – اِسْمٌ - اَحْمَدُ
هَذَا تِلْمِيْذٌ اِسْمُهُ اَحْمَدُ

هِيَ - لَيْلَى
هَذِهِ تِلْمِيْذَةٌ اِسْمُهَا لَيْلَى


1.
هُوَ – طَالِبٌ – اِسْمٌ - حَسَنٌ

؟



هِيَ - نُوْرُ حَسَنَة

؟


2.
هُوَ – اُسْتَاذٌ - اِسْمٌ - زَكِيٌّ

؟



هِيَ – سَلْمَى

؟


3.
هُوَ - طَبِيْبٌ - اِسْمٌ - عُمَرُ

؟



هِيَ - زَيْنَبُ

؟


4.
هُوَ – مُتَعَلِّمٌ - اِسْمٌ – نَابِل

؟



هِيَ - نَابِلَى

؟


5.
هُوَ – مُدَرِّسٌ - اِسْمٌ - حَمْدَانُ

؟



هِيَ - حَمِيْدَةُ

؟








ه. اَلْكِتَابَةُ
E. Menulis


1.
اَحْمَدُ
:
اَنَا اَحْمَدُ



اَنَا تِلْمِيْذٌ جَدِيْدُ



وَهَذَا حَسَنٌ



هُوَ تِلْمِيْذٌ جَدِيْدٌ اَيْضًا




2.
عَائِشَةُ
:
اَنَا عَائِشَةُ



اَنَا تِلْمِيْذَةٌ جَدِيْدَةٌ



وَهَذِهِ زَيْنَبُ



هِيَ تِلْمِيْذَةٌ جَدِيْدَةٌ اَيْضًا




3.
اَحْمَدُ
:
اِسْمِي اَحْمَدُ




هَذَا صَدِيْقِيْ




اِسْمُهُ حَسَنٌ




وَهَذِهِ صَدِيْقَتِيْ




اِسْمُهَا عَائِشَةُ




نَحْنُ تَلاَمِيْذٌ جُدُوْدٌ






4.
تَخَرَّجَ اَحْمَدُ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الْحُكُوْمِيَّةِ

ثُمَّ يَلْتَحِقُ دَرْسَهُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ

بَيْتُهُ بَعِيْدٌ مِنْ مَدْرَسَتِهِ
عُنْوَانُهُ فِي شَارِعِ سُوْدِرْمَانْ سُكَابُوْمِي


5.
تَخَرَّجَتْ عَائِشَةُ فِي مَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الاِسْلاَمِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ

ثُمَّ تَلْتَحِقُ دَرْسَهَا اِلَى مَدْرَسَةِ بَيْتِ الرَّحْمَنِ الثَّانَوِيَّةِ الاِسْلاَمِيَّةِ

بَيْتُهَا بَعِيْدٌ مِنْ مَدْرَسَتِهَا

عُنْوَانُهَا فِي قَرْيَةِ  سُوْكَارَجَا

أُكْتُبِ النَّصَّ فِي الْجُزْءِ الأَعْلَى اِعَادَةً بِمُرَاعَاةِ الْاِخْتِلَافَاتِ فِي الْكِتَابَةِ لِلْمُذَكَّرِّ وَالْمُؤَنَّثِ
Tulis kembali teks di atas dan amati perbedaan penulisan mudzakar dan muannats

1.
اَحْمَدُ
:

_______________________________________________________________




_______________________________________________________________




_______________________________________________________________




_______________________________________________________________
2.
عَائِشَةُ
:

_______________________________________________________________




_______________________________________________________________




_______________________________________________________________




_______________________________________________________________




_______________________________________________________________




_______________________________________________________________
3.
اَحْمَدُ
:

_______________________________________________________________




_______________________________________________________________




_______________________________________________________________




_______________________________________________________________




_______________________________________________________________




_______________________________________________________________
4.

___________________________________________________________________________


___________________________________________________________________________


___________________________________________________________________________


___________________________________________________________________________
5.

___________________________________________________________________________


___________________________________________________________________________


___________________________________________________________________________


___________________________________________________________________________

تَرْجِمْ اِلَى اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ وّاكْتُبْهَا فِي مَكَانٍ مُسْتَعِدٍّ
Terjemahkan ke dalam bahasa Arab dan tulislah di tempat yang disediakan

Muhammad dan Rusli dua siswa baru
1.

_________________________________________________________________


Keduanya siswa yang pandai
2.

_________________________________________________________________

 Zainab tinggal di jalan Diponegoro
3.

_________________________________________________________________


Rumahnya dekat dari sekolah
4

_________________________________________________________________


Mereka bahagia diterima di sekolah baru. Wajah mereka seperti bunga yang mekar
5.

_________________________________________________________________

_________________________________________________________________



اُطْلُبْ عَنِ الْآيَةٍ الْقُرْآنِيَّةِ الَّتِي تَرْجَمَتُهَا مَكْتُوْبَةٌ وَنَسِّخْهَا فِيْ مَكَانٍ مُسْتَعِدٍّ
Cari ayat Al-Qur’an yang terjemahnya tertulis dan salin di tempat yang disediakan


______________________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________________
_____________________________________________________________________________________


Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal
.

تَدَبُّرُ الْقُرْآنِ
Tadabbur AlQur’an

وَدَخَلَ مَعَهُ السِّجْنَ فَتَيَانِ قَالَ أَحَدُهُمَا إِنِّي أَرَانِي أَعْصِرُ خَمْرًا وَقَالَ الْآَخَرُ إِنِّي أَرَانِي أَحْمِلُ فَوْقَ رَأْسِي خُبْزًا تَأْكُلُ الطَّيْرُ مِنْهُ نَبِّئْنَا بِتَأْوِيلِهِ إِنَّا نَرَاكَ مِنَ الْمُحْسِنِينَ (36)

Dan bersama dengan dia masuk pula ke dalam penjara dua orang pemuda. Berkatalah salah seorang di antara keduanya: "Sesungguhnya aku bermimpi, bahwa aku memeras anggur." Dan yang lainnya berkata: "Sesungguhnya aku bermimpi, bahwa aku membawa roti di atas kepalaku, sebahagiannya dimakan burung." Berikanlah kepada kami takbirnya; sesungguhnya kami memandang kamu termasuk orang-orang yang pandai (menakbirkan mimpi). QS Yusuf: 36


Dalam ayat di atas terdapat sedikitnya lima Fiil dan Fail. Silahkan masukkan ke dalam kotak kosong yang tersedia

اَلْفَاعِلُ
اَلْفِعْلُ

1.

2.

3.

4.

5.